Sabtu, 26 Desember 2009

Bukan Ubun dan Bukan Kaki, Tapi Rusuk Kiri...

" Selalu wasiatkan kebaikan kepada para wanita. Karena mereka diciptakan dari tulang rusuk, bagian yang paling bengkok dari jalinan tulang rusuk ialah tulang rusuk bagian atas. jika kalian paksa diri untuk meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika kalian mendiamkannya, ia akan tetap bengkok. Karena itu, wasiatkanlah kebaikan kepada para wanita." (HR Al Bukhari, dari Abu Hurairah)

Jangan su'udzan pada hadist ini, saudariku. Ia tak pernah bermakna engkau penuh kekurangan sehingga selalu perlu diwasiati dengan kebaikan. Bukan. Adalah hak bagi setiap yang bernafas untuk mendapat wasiat kebaikan. bukankah kerugian justru Allah letakkan dengan sumpah bagi manusia yang tidak beriman, tidak beramal shalih dan tidak saling berwasiat dengan al haq dan kesabaran?

"Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih. Dan mereka yang saling berwasiat dengan kebenaran dan saling berwasiat dalam kesabaran." (Al Ashr 1-3)

Melalui hadist ini, Islam mengangkat kaum wanita dari peminggiran peran, fungsi, dan posisi. Ia tuntun kaum wanita dari dapur dan ranjang jahiliah menuju perpustakaan alam semesta yang penuh ayat-ayat keagunganNya. Ia sapa mereka yang dulu hanya bisa membisu dan menuli di sudut kelmbu kegelapan. Ia ajak mereka memfungsikan telinga, penglihatan, dan akalnya untuk mewawas berbagai wacana keshalihan. Ia dudukkan mereka sejajar dengn pria untuk berdiskusi, saling mengingatkan, saling memberi wasiat tentang kebenaran, kesabaran, dan kasih sayang.

Bukan dari tulang ubun ia diciptakan
Sebab berbahaya membiarkannya dalam sanjung dan puja
Tak juga dari tulang kaki
Karena nista menjadikannya diinjak dan diperbudak

Tetapi dari tulang rusuk kiri
Dekat ke hati untuk dicintai
Dekat ke tangan untuk dilindungi


Subhanallah indah ya...syair di atas? Mendengarnya, badan jadi terasa ringan dan nyaris terbang..... ^^


(dikutip dari buku Agar Bidadari Cemburu Padamu karya Salim A. Fillah hal 5-7)

3 komentar:

dEe mengatakan...

wawawaa..subhanallah..

mba rizka,,met liburan yaaa

Anonim mengatakan...

Subhanalloh,

minta izin copy, untuk disampaikan ke teman2...
:)

desni utami mengatakan...

wew rizkun wew...

Posting Komentar

ayo koment