Kamis, 14 Juni 2012

Terowongan di Bawah Sungai Huangpu



Assalamu'alaikum. Nihao, Nihao ma? (bersih2 debu2 dulu di blog ini, hehe) saking lamanya gak ngepost tulisan. Wo hen hao wo de pengyou (nanya jawab sendiri :p)

Sore itu (sekitar akhir bulan April 2012), mobil milik Mr. Ayub melintas di dalam terowongan kota Shanghai, aku dan beberapa auditor berada di dalamnya. Namun mungkin karena rush hour (waktu pulang kantor) jadilah di dalam terowongan itu mengular mobil-mobil pribadi yang hendak masuk dan keluar terowongan (di Shanghai ada macet juga kok). Lalu tiba-tiba Mr. Ayub berkata: “Do you know, now we are in the under of Huangpu River, this tunnel is under the river.”

Aku: “Wow cool.”

Dalam hatiku: “ Huwaaa.. kereen...”

Pak Reki (salah satu auditor): “ Iya Riz, tapi sayang kamu ga bisa lihat ikan2 berenang di atas, coba kalo atapnya terbuat dari kaca ya.”

Aku: “Huuu ngledek nih Pak.” (karena mungkin wajahku yang kelihatan ndeso dan melihat-lihat ke atas, hehe).

Aku jadi ingat dengan novel yang baru saja selesai kubaca “99 Cahaya di Negeri Eropa”, disitu diceritakan ada terowongan di bawah sungai di kota Paris. Saat membaca tak henti aku membayangkan bagaimana ya rasanya berada di dalam terowongan di bawah sungai, pasti cool banget deh. Dan ternyata sore itu aku sedang berada di dalam terowongan di bawah Sungai Huangpu Shanghai (benar2 udah mirip di Eropa nih China, dalam hatiku).

Aku: “Pak, Saya jadi ingat kalau di Paris juga ada terowongan di bawah sungai.”

Pak Reki:”Oh ya? Kamu udah pernah ke Paris?”

Aku: “Belum Pak, tau dari novel aja.”

Pak Reki:”Dasar kamu ya!”

Aku: :p

Terowongan yang menembus bawah sungai Huangpu ini bukan hanya untuk kendaraan seperti mobil, dll namun ada terowongan lain yang dilalui metro (kereta bawah tanah) yang juga melaju di bawah sungai Huangpu. Kapan ya Indonesia punya yang seperti ini? :)

Info tambahan dari Wikipedia: Sungai Huangpu (bahasa Cina: 黃浦江; pinyin: Huángpǔ Jiāng; Wade-Giles: Huang-p'u Chiang; secara harfiah bermakna "Sungai Tepi Sungai Kuning") adalah sebuah sungai sepanjang 97 kilometer di Republik Rakyat Cina yang mengalir melalui Shanghai. Sungai Huangpu adalah sungai terbesar di Shanghai. Kawasan Bund di Distrik Huangpu di pusat Shanghai yang terkenal terletak di sepanjang sisi sungai. Air dari Sungai Suzhou mengalir ke Sungai Huangpu di penghujung utara Bund.

Lebar rata-ratanya adalah 400 meter dan kedalaman rata-ratanya 9 meter. Sebagian besar air leding di Shanghai berasal dari Sungai Huangpu, dan sungai tersebut membelah Shanghai menjadi dua kawasan: Pudong (timur) dan Puxi (barat).



5 komentar:

randi mengatakan...

*ngebayangin jalan di bawah air* seru yaa :))

NaiLa aNNisa mengatakan...

whoa, ktemu Rizka di blog.. ^^
tau-tau dapet kabar udah mau nikah,
Barokallah ya, Syahidah tanggukh..
afwan ga bisa hadir,
insyaALLAH do'anya tetep nyampe.. ;)
-deti anisa'06-

sewa mobil surabaya mengatakan...

belum pernah kesana.. jadi bingung harus bilang apa.. heheh

iklan baris mengatakan...

kerennn.. kapan saya kesana yah?

ayo menulis mengatakan...

tulisannya mengalir apa adanya, menarik dan cukup inspiratif. salam kenal

Posting Komentar

ayo koment